Minggu, 22 April 2012

Belajar Jaringan Komputer Seri Pertama

Belajar komputer dalam jaringan komputer. Pertanyaan awal adalah Apa itu jaringan komputer? Dalam dunia komputer, jaringan adalah praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer secara bersama-sama untuk tujuan berbagi data. Jaringan ini dibangun dengan menggunakan gabungan perangkat keras komputer dan perangkat lunak komputer.
Area
Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat dikategorikan dalam beberapa cara berbeda. Salah satu pendekatan mendefinisikan jenis jaringan yaitu menurut rentang geografis daerah jaringan. Jaringan area lokal (LAN) misalnya, biasanya berada di satu rumah atau kantor, sedangkan wide area network (WAN), mencapai sebuah kota, negara, atau bahkan di seluruh dunia. Jadi kalau disederhanakan pengertian Internet sebenarnya adalah jaringan seluruh komputer terkoneksi di seluruh dunia.
Network Design
Jaringan komputer juga dapat berbeda dalam desainnya. Ada dua jenis desain jaringan tingkat yang dikenal sebagai client-server dan peer-to-peer. Client-server server adalah fitur jaringan komputer terpusat yang menyimpan email, halaman Web, file dan atau aplikasi. Sedangkan jaringan peer-to-peer sebaliknya, semua komputer cenderung melakukan fungsi yang sama. Jaringan client-server jauh lebih umum dalam bisnis sedangkan peer-to-peer network jauh lebih umum di rumah-rumah atau kantor.
Tipe daripada jaringan komputer itu biasa dikenal dengan topologi jaringan komputer. Sebuah topologi jaringan mewakili tata letaknya atau struktur dari sudut pandang aliran data.Dalam apa yang disebut jaringan bus misalnya, seluruh komputer berbagi dan berkomunikasi di salah satu saluran umum, sedangkan dalam jaringan bintang, semua data mengalir melalui satu perangkat terpusat. Jenis-jenis topologi jaringan meliputi bus, star, ring dan mesh. Topologi jaringan ini akan saya jelaskan kemudian.
Protokol Jaringan
Pada jaringan, bahasa komunikasi yang digunakan oleh perangkat komputer disebut protokol.Namun cara lain untuk mengklasifikasikan jaringan komputer adalah dengan seperangkat protokol yang mereka dukung. Jaringan sering menerapkan beberapa protokol untuk mendukung aplikasi tertentu. Online protokol termasuk TCP / IP adalah protokol yang paling umum ditemukan di Internet dan di jaringan rumah/kantor.
Wired vs Wireless Networking
Banyak protokol jaringan yang sama, seperti TCP / IP, bekerja di kedua jaringan kabel dan nirkabel. Jaringan dengan kabel Ethernet didominasi dalam bisnis, sekolah, dan rumah selama beberapa dekade. Baru-baru ini, bagaimanapun, jaringan alternatif nirkabel telah muncul sebagai teknologi utama untuk membangun jaringan komputer model baru.

0 komentar: